Sabtu, 27 Juli 2013

Pasang Atau Ganti Saringan AC Buat Avanza


OTOMOTIFNET - Yang dimaksud di sini adalah saringan blower AC di balik dasbor. "Avanza awal tidak punya saringan, padahal sudah ada tempatnya," bilang Rohim, bos bengkel spesialis Sejuk AC di Pos Pengumben, Jakbar.

Peranti penyaring debu ini punya banderol sekitar Rp 200 ribuan. Buat Avanza dan Xenia, sangat sederhana. Tidak ada frame, hanya rangkaian kertas saringan yang ditekuk saja.
"Kalau tidak ada saringan, AC bisa kotor dan mampat karena kotoran dan lendir," tambah Rohim.

Pada Avanza anyar, ternyata sudah ada saringannya. Tetapi tetap perlu penggantian setiap tahun. Salah satu indikatornya, angin AC kecil karena AC mampat. Namun kalau tidak pakai, risiko mampat ada pada evaporator. Lebih parah bukan?

Mengecek dan menggantinya sendiri mudah kok. Komponen ini ada di balik laci. Jadi, copot dulu lacinya dengan menekan bagian pinggir laci. Setelah itu, buka rumah saringan.
Bentuknya kotak dan ada di bagian atas evaporator-blower. Ada semacam kancing di sebelah kanan. Tinggal tekan kancing itu dan tarik. Kalau kancing sudah lepas, tarik tutup rumah saringan ini ke kanan karena ada nok di kiri. Mudah kan?


Penulis/Foto: Rio, Anton, Manut / F.Yosi, Anton

http://mobil.otomotifnet.com/read/2010/04/23/10220/204/28/Pasang-Atau-Ganti-Saringan-AC-Buat-Avanza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar